Yogyakarta – Masuknya dunia pada Era Revolusi Industri 4.0 menuntut Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu Universitas besar yang ada di Indonesia untuk bersiap menghadapi tantangan ke depan. Salah satu bentuk tantangan tersebut adalah perubahan proses di berbagai aspek kehidupan termasuk dalam tata kelola dan pemberian pelayanan di Universitas dengan teknologi atau digitalisasi. Efektivitas berbagai proses layanan dapat dicapai dengan cara melakukan inovasi. Untuk itu, Universitas Gadjah Mada berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan tumbuh kembang inovasi dari seluruh Sivitas Akademika dan Tenaga Kependidikan guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan, pencapaian visi misi organisasi, serta tata kelola Universitas yang lebih efektif dan efesien.
Salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut, Universitas Gadjah Mada melalui Direktorat Sumber Daya Manusia menyelenggarakan Program Inovasi Kreatif Tenaga Kependidikan. Program inovasi bagi Tenaga Kependidikan ini dirancang dalam periode dua tahunan, tahun pertama adalah Program Hibah Inovasi Kreatif Tenaga Kependidikan, yaitu program kompetisi bagi Tenaga Kependidikan untuk dapat meraih hibah, dapat diajukan perseorangan maupun berkelompok. Pada tahun berikutnya adalah Program Innovation Days Tenaga Kependidikan, kegiatan ini merupakan ajang publikasi hasil inovasi kreatif pemenang hibah yang dirancang dalam bentuk diskusi interaktif bersama stakeholder yang relevan agar karya inovasi yang dihasilkan mendapat dukungan dan dapat diterapkan pada skop yang lebih luas. Sebagai rangkaian kegiatan Hibah Inovasi Kreatif Tenaga Kependidikan Tahun 2017 maka pada tahun 2018 ini diselenggarakan Program Innovation Days Tenaga Kependidikan.
Innovation Days dilaksanakan pada tanggal 14, 19, dan 21 November 2018 bertempat di Ruang Multi Media 1 Lantai 3 Kantor Pusat UGM. Kegiatan terbagi atas 4 sesi utama meliputi, sesi Bidang Pelayanan Administrasi Keuangan dan Aset Berbasis Teknologi Informasi, sesi Administrasi Umum dan Kepegawaian Berbasis Teknologi Informasi, sesi Pelayanan Laboratorium, dan terakhir adalah sesi Bidang Pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Berbasis Teknologi Informasi dengan total 15 presentasi dari tim pemenang Hibah Inovasi Kreatif Tenaga Kependidikan Tahun 2017.
Tujuan dari kegiatan Innovation Days ini selain sebagai sarana dalam mempublikasikan hasil inovasi kreatif pemenang Program Hibah Inovasi Kreatif Tahun 2017, juga untuk menjaring dukungan dari para pemangku kepentingan serta memberikan motivasi kepada Tenaga Kependidikan lain untuk mengikuti program hibah yang sama pada Tahun 2019.
Innovation Days Tahun 2018 dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto pada sesi pertama Rabu, 14 November 2018. Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset memberikan apresiasi atas inovasi yang dihasilkan oleh Tenaga Kependidikan, baik inovasi yang berbentuk sistem informasi dan teknologi maupun aspek lain yang bermanfaat dalam mempermudah proses bisnis suatu layanan.
Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto menekankan bahwa Innovation Days bagi Tenaga Kependidikan UGM Tahun 2018 ini dapat menjadi salah satu jalan dalam memupuk tumbuhnya inovasi di kalangan Tenaga Kependidikan Universitas Gadjah Mada. “Program Innovation Days hari ini dapat dikatakan sebagai sebuah upaya untuk bisa menginformasikan upaya-upaya inovasi dan upaya-upaya kreatif yang sebelumnya telah dilakukan. Dengan model program yang berbentuk disuksi seperti ini memungkinkan membantu para peserta dalam memberikan penajaman atas karya inovasi yang telah dilakukan”, tambah Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto.
Pada akhir sambutannya, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto menyampaikan harapannya terhadap kegiatan Innovation Days Tahun 2018 agar mampu menjadi salah satu pemicu dan pendorong motivasi Tenaga Kependidikan lainnya dalam menciptakan karya inovasi kreatif yang bermanfaat dalam pengembangan tata kelola dan pelayanan yang ada di Universitas Gadjah Mada.
Para inovator Tenaga Kependidikan UGM yang berhasil memenangkan hibah Program Inovasi Kreatif Tenaga Kependidikan 2017 dan mempresentasikan karyanya pada Innovation Days 2018 adalah sebagai berikut:
Bidang Layanan Administrasi Keuangan, Aset, Kepegawaian dan Umum
Presentasi pada hari Rabu, 14 November 2018
Moderator: Evi Noor Widiyaningsih, S.I.P., M.B.A. (Direktorat Sumber Daya Manusia)
Tim | Judul Karya Inovatif | Ketua Tim | Anggota Tim |
I. | e-Collection Application Programming Interface Management | Irvan Pengabdian, S.Si.
(Direktorat Keuangan) |
Mahatma Budi Vicaktama
(Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) |
II. | Sistem Informasi Pemanfaatan Aset Terintegrasi dengan SIMASET dan SIMKEU | Rya Mardikawati, S.E., M.Acc.
(Direktorat Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional) |
1. Arif Riyadi, A.Md.
2. Eko Sukajiyanto (Direktorat Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional) |
III. | Review Pembayaran Gaji, Proses Insentif dan Lembur | Nurul Qomariyah, S.E.
(Direktorat Sumber Daya Manusia) |
1. Nur Bakti Susilo, S.E., Ak., C.A.
(Fakultas Ekonomika dan Bisnis) 2. Mahatma Budi Vicaktama, S.T. (Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) 3. Uling Sumbogo, S.I.P. (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) |
IV. | Sistem Peer Review Penyusunan Kepututan Rektor pada Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada | Endri Heriyanto, S.H., M.Kn.
(Bagian Hukor) |
1. Yusuf Aditya Wibowo, S.H.
(Direktorat Sumber Daya Manusia) 2. Hendranti Wisnu Saputro, S.T., M.Sc. 3. Kokoh Iman Zulhadi, S.T. (Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) |
V. | Pembuatan Sistem Permohonan Izin Rekrutmen Dosen dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Universtias Gadjah Mada | Sri Endah Setia Lestari, S.I.P.
(Direktorat Sumber Daya Manusia) |
1. M. Nur Budiyanto, S.Kom., M.Eng.
2. Siti Masithoh, S.Kom., M.Eng. 3. Farid Ghufron Sanusi, A.Md. (Direktorat Sumber Daya Manusia) 4. Hendranti Wisnu Saputro, S.T., M.Sc. (Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) |
Bidang Layanan Laboratorium
Presentasi pada hari Senin, 19 November 2018
Moderator: Yusuf Umardani, S.T., M.Eng. (Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu)
Tim | Judul Karya Inovatif | Ketua Tim | Anggota Tim |
I. | Pembuatan Lumpur Aktiv (Activated Sludge) dari Limbah Cair Produksi Tempe | Rohmatun Nafiah
(Fakultas Teknologi Pertanian) |
Novi Dwinawati
(Fakultas Teknologi Pertanian) |
II. | Peningkatan Layanan Laboratorium dengan Memanfaatkan Teknologi Tepat Guna pada Pembuatan Alat Pengukur Keempukan Daging (Meat Shear Force) di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Daging | Mugianton, S.Si., M.Sc.
(Fakultas Peternakan) |
– |
III. | Efisiensi Daya Listrik dengan Smart Classroom | Sugeng Julianto, S.ST.
(Sekolah Vokasi) |
1. Andi Fariel, S.E.
2. Rudi Susanto, S.Kom. 3. Wahyu Nur Hidayat, S.Kom. 4. Tanto Kiswantoro, S.T. (Sekolah Vokasi) |
IV. | Mengoptimalkan Pelayanan Penelitian dan Praktikum dengan Pembuatan Engine Test Bed untuk Pengujian Performa Mesin Motor Bakar | Nur Prabawa Hermawan, S.Pd.T.
(Fakultas Teknik) |
1. Anggono Supriyambodo, A.Md.
2. Andhi Kurniawan, S.Kom. 3. Sani Wicaksono, S.E. (Fakultas Teknik) |
V. | Perancangan Alat Ukur Porositas Bahan Hasil Pertanian untuk Penentuan Sifat Fisik Porositas Biji-bijian Guna Mendukung Praktikum dan Penelitian Bidang Teknik Pangan dan Pascapanen | Musyrifah Kurniawati, A.Md.
(Fakultas Teknologi Pertanian) |
1. Haryadi
2. Aji Herman Saputra, S.Si (Fakultas Teknologi Pertanian) |
Bidang Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
Presentasi pada hari Rabu, 21 November 2018
Moderator: Erna Kartini, S.E. (Direktorat Sumber Daya Manusia)
Tim | Judul Karya Inovatif | Ketua Tim | Anggota Tim |
I. | Layanan Perubahan Data Forlap untuk Alumni dan Mahasiswa | Friend Bilad Hasan, S.Kom.
(Direktorat Pendidikan dan Pengajaran) |
Ristaningsih, A.Md.
(Direktorat Pendidikan dan Pengajaran) |
II. | Pengembangan Application Programming Interface “Dosen Mengajar” untuk Mendukung Pengajuan Penilaian Angka Kredit | Haris Sri Wibowo, S.Kom.
(Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) |
1. Friend Bilad Hasan, S.Kom.
2. Dyah Alifda Prihaningrum, S.T. (Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) |
III. | Integrasi Prisma dengan Scopus dan Google Scholar | Rochmad Handoko Aji, S.Kom.
(Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) |
1. Sriharyo Nurcahyo K., A.Md.
2. Vignasari Kokasih, S.Kom. (Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi) |
IV. | Pengelolaan Administrasi Tugas Akhir Studi Melalui PALAWA UGM | Sidi Prasmanto, A.Md.
(Sekolah Vokasi) |
1. Tri Widyo Asmoro, A.Md. Sekolah Vokasi
2. Haris Sri Wibowo, S.Kom. Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi |
V. | Aplikasi UGM Career untuk Alumni UGM | Merryta Andriani, S.E., Akt.
(Direktorat Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional) |
1. Nindi Mabruri Asnan, S.I.P.
2. Viko Basmalah Wicaksono, S.Kom. (Direktorat Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional) |
(DSDM/Fatima)