• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Evaluasi PrimaSDM untuk Peningkatan Kualitas Layanan

Evaluasi PrimaSDM untuk Peningkatan Kualitas Layanan

  • Kegiatan
  • 13 Juni 2019, 13.56
  • Oleh : sdmugm

Yogyakarta – PrimaSDM adalah program inovasi pelayanan publik yang telah diusung oleh Direktorat SDM UGM, guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi pemangku kepentingan di lingkungan UGM. Sebagaimana idealnya sebuah fase implementasi program dan kebijakan, maka PrimaSDM inipun tidak terlepas dari kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk melihat tingkat efisiensi, efektifitas, serta berbagai hal yang masih perlu diperbaiki. Setelah diimplementasikan selama tujuh bulan, Direktorat SDM UGM melakukan kegiatan evaluasi PrimaSDM di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta pada tanggal 31 Mei 2019, yang dihadiri oleh 56 orang, yaitu meliputi stakeholder Direktorat SDM, Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi, Kantor Hukum dan Organisasi, serta Kantor Audit Internal UGM.

Materi evaluasi program pelayanan PrimaSDM dipaparkan langsung oleh Dr. Ratminto, M.Pol.Admin selaku Direktur SDM UGM. Materi evaluasi tersebut didasarkan atas hasil survei kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Direktorat SDM UGM  secara umum, serta persepsi pelanggan terhadap implementasi PrimaSDM secara khusus. Survey kepuasan pelanggan ini telah direspon oleh 634 responden, dengan klasifikasi responden dari tenaga kependidikan sebanyak 522 responden dan dosen 112 responden. Hasil dari survei tersebut menyatakan bahwa lebih dari 85% responden merasa puas terhadap pelayanan Direktorat SDM dan secara khusus mengapresiasi diluncurkannya PrimaSDM. Persepsi responden terhadap PrimaSDM positif dan menyatakan bahwa PrimaSDM telah membantu peningkatan kualitas pelayanan secara efektif.

Namun begitu, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki berdasarkan masukan dari responden. Masukan dari para pemangku kepentingan tersebut menjadi perhatian utama dari Direktorat SDM UGM sebagai salah satu bahan perbaikan program. Selain melalui survei, evaluasi PrimaSDM juga dilakukan melalui mekanisme diskusi dan sharing antar staf di Direktorat SDM UGM.

Pada akhir acara, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan yang datang untuk meminta pelayanan.

“Sudah sejak lama saya tekankan, kalau bekerja itu teamwork, baik itu kenaikan jabatan, kenaikan pangkat, ijin luar negeri, dan apapun. Disitulah kerja sama tim sangat penting untuk dapat menyelesaikan pekerjaan secara tepat, cepat, dan akurat”, imbuhnya.

Tidak hanya itu, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin juga menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi ke depan adalah multikompetensi yang harus dikuasai oleh seluruh pegawai guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. (Viny/DSDM).

Terbaru

  • MOOC UGM Online: Pelatihan Akuntansi Pengantar untuk Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan
  • Mewujudkan Kesejahteraan Bekerja melalui Psychological Safety dan Job Crafting
  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak