Yogyakarta – Direktorat Sumber Daya Manusia UGM menyelenggarakan Diklat Pengelolaan Keuangan 2018 yang berlangsung pada tanggal 4-7 September 2018 bertempat di ruang diklat LDC, GSP Sayap Barat. Diklat ini terbagi dalam 2 tahap, yaitu tahap pertama pada tanggal 4-5 September 2018 yang dihadiri oleh 54 peserta dari fakultas dan sekolah, serta tahap kedua dilaksanakan pada 6-7 September 2018 yang dihadiri oleh 35 peserta dari KPTU.
Diklat dibuka oleh Sekretaris Direktorat SDM UGM, Dra. Emmy Indjatmiati, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa diklat ini merupakan tindak lanjut atas permintaan unit kerja dan Direktorat Keuangan yang menginginkan adanya peningkatan sinergi dan kompetensi dikalangan para pengelola keuangan, serta terciptanya pemahaman yang sama atas kebijakan-kebijakan keuangan di UGM.
Pada kesempatan yang sama, Dra. Emmy Indjatmiati, M.Si. menambahkan bahwa UGM sebagai PTN-BH memiliki tantangan terkait pengelolaan keuangan yang telah memiliki otonomi, namun tidak dapat terlepas sepenuhnya dari peraturan Pemerintah. Selain itu, pengelolaan keuangan belum sepenuhnya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menunjang efektivitas dan efisiensi pekerjaan, misalnya belum optimalnya pemanfaatan HRIS serta masih adanya gap antara kesiapan sistem dengan penggunaan sistem yang seharusnya. “Para pengelola keuangan harus bisa bekerja sama dengan enumerator HRIS dalam mengupdate data, agar terwujud pengelolaan keuangan dalam jaringan yang paperless serta terhindar dari kesalahan pembayaran,” ungkap Dra. Emmy Indjatmiati, M.Si.
Selama diklat, para peserta mendapatkan materi yang bersifat pengetahuan seperti kebijakan-kebijakan keuangan, serta yang bersifat teknis, yakni pajak, anggaran, perbendaharaan, dan akuntansi. Materi disampaikan dengan menggunakan kombinasi metode klasikal, tutorial, diskusi, dan studi kasus. Pada akhir pelatihan, diselenggarakan post test untuk mengetahui tingkat penyerapan materi oleh peserta.
Mengakhiri sambutannya, Dra. Emmy Indjatmiati, M.Si. berharap bahwa Diklat Keuangan ini dapat menjadi media pembelajaran teknis keuangan dan pembaharuan informasi kebijakan keuangan bagi pengelola keuangan di unit kerja, sehingga dapat tercapai pengelolaan keuangan yang lebih efektif dan efesien, serta dapat meminimalisir kesalahan administrasi. (Oka&Fatima-DSDM)
Yogyakarta – Dosen muda UGM harus memiliki semangat untuk mempersiapkan strategi agar dapat menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi. Pesan tersebut disampaikan Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM, dalam pembukaan Pelatihan Penulisan Publikasi Ilmiah dan Publikasi Internasional bagi Dosen Muda di UC UGM, Senin (30/7/2018).
“Mari dosen-dosen muda, mulai saat ini persiapkan strategi untuk memiliki publikasi ilmiah. Capailah publikasi pada jurnal internasional bereputasi yang terindeks, misalnya di Scopus, agar dapat menjadi rujukan, serta memiliki impact factor tinggi” ungkap Bapak Wakil Rektor.
Pelatihan berlangsung selama 2 hari, mulai hari Senin 30 Juli sampai dengan Selasa, 31 Juli 2018 dan diikuti oleh 122 dosen. Sebagai tanda pelatihan dimulai, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto menyampaikan sambutan sekaligus himbauan terkait pentingnya mempersiapkan publikasi di jurnal ilmiah terakreditasi bagi dosen-dosen muda.
“Pelatihan penulisan dan publikasi ini bertujuan untuk memberikan persiapan yang matang kepada para dosen muda, agar dapat memiliki prestasi dalam publikasi nasional atau internasional terakreditasi serta konferensi “, ungkap Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto.
Beliau juga menyampaikan bahwa publikasi penting untuk dilakukan oleh dosen karena beberapa hal, antara lain: 1) untuk meningkatkan sitasi, 2) untuk meningkatkan reputasi universitas, 3) sebagai penunjang kinerja dosen yang bersangkutan, seperti persyaratan kenaikan jenjang karier/kenaikan pangkat, dan sebagai persyaratan mendapatkan insentif publikasi internasional terakreditasi.
Beberapa hal lain yang penting dalam pelatihan ini adalah perihal pemberian pemahaman etika dan kode etik penulisan, mengingat mekanisme dan teknis setiap jurnal dan publikasi berbeda-beda. Beberapa masalah yang sering terjadi salah satunya adalah pelanggaran terhadap etika penulisan dan kode etik sitasi oleh karena itu, dalam pelatihan ini dijelaskan bagaimana antisipasi yang perlu dilakukan agar tulisan dapat terpublikasi pada jurnal yang terakreditasi baik level nasional maupun internasional.
“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan menjadi modal untuk persiapan mencapai jenjang karir tertinggi bagi dosen, misalnya menjadi guru besar pada 10 tahun mendatang,” ungkap Prof.Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto. (DSDM/Citra)
Berikut kami sampaikan infomasi undangan kegiatan call for papers dan seminar sasional dengan tema “Bela Negara Benteng NKRI” oleh Universitas Pertahanan
Berikut kami sampaikan informasi seleksi tebuka dalam rangka pengisian jabatan bakal calon rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode tahun 2019 – 2023
Berikut kami sampaikan jadwal, lokasi, dan tata tertib Tes Kompetensi Dasar (TKD) Rekrutmen Dosen Tetap Non PNS Universitas Gadjah Mada Tahun 2018.
Berikut kami sampaikan pengumuman Rekrutmen Tenaga Kependidikan Tetap pada RSGM Prof. Soedomo UGM
Informasi tambahan:
Persyaratan usia bagi formasi dengan kualifikasi Sp.1/Residen PPDGS I/S1 Profesi adalah maksimal 35 Tahun
Berikut kami sampaikan materi pendidikan dan pelatihan pengelolaan keuangan UGM tahun 2018:
Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Dosen Tetap Non PNS Universitas Gadjah Mada Tahun 2018 sudah bisa diakses melalui Sistem Informasi Rekrutmen. Untuk mengetahui hasilnya, peserta dipersilahkan untuk mengakses melalui laman https://rekrutmen.sdm.ugm.ac.id dan login menggunakan akun pendaftaran masing-masing.
Berikut kami sampaikan pengumuman rekruitmen tenaga mahasiswa paruh waktu pada Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2018
Berikut peserta yang dinyatakan lulus dan dinyatakan diterima sebagai Tenaga Kependidikan dengan Perjanjian Kerja Direktorat Sumber Daya Manusia untuk Formasi Operator Komputer, yaitu:
Priyo Wibowo
Untuk selanjutnya kepada nama tersebut dimohon untuk segera melapor ke Direktorat SDM UGM