• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Berita
  • Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kemdikbud

Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kemdikbud

  • Berita
  • 23 Februari 2015, 10.23
  • Oleh : sdmugm

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang putra putri terbaik bangsa Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi terbuka pengisian lowongan 2 (dua) jabatan pimpinan tinggi pratama, yaitu:

  1. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud;
  2. Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud.
PERSYARATAN
1. Persyaratan umum
  a. Berstatus Pegawai Negeri Sipil;
  b. Sekurang-kurangnya berpangkat Pembina Tingkat I, golongan ruang (IV b)
  c. Menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) minimal 2 (dua) tahun, atau masih menduduki jabatan administrator (eselon III) minimal 3 (tiga) tahun, atau bagi yang menduduki jabatan fungsional tertentu (termasuk dosen) yang relevan dengan kompetensi jabatan yang akan diisi.
  d. Sehat jasmani dan rohani;
  e. Usia setinggi-tingginya 57 (lima puluh tujuh) tahun pada saat pendaftaran bagi yang menduduki jabatan administrator (eselon III) atau jabatan fungsional tertentu dan setinggi-tingginya 58 (lima puluh delapan) tahun bagi yang menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II);
  f. Setiap unsur penilaian prestasi kerja PNS (DP3) bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  g. Diutamakan yang telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tk II/SPAMEN;
  h. Tidak pernah/sedang menjalani hukuman pidana atau menjalani hukuman disiplin tingkat sedang/berat;
  i. Telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan SPT Tahunan (tahun terakhir);
  j. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- yang ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) Kemendikbud.
     
2. Persyaratan khusus
  a. Kepala Pusat Informasi dan Humas
    1) Kualifikasi pendidikan paling rendah magister (S2) diutamakan bidang komunikasi atau kebijakan publik
    2) Memiliki pengalaman manajerial paling sedikit 5 (lima) tahun
    3) Diutamakan memiliki pengalaman kerja di bidang komunikasi publik paling sedikit 8 (delapan) tahun
    4) Memiliki kemampuan pengelolaan pelayanan infomasi, kehumasan, dan hubungan antarlembaga/antarinstansi
    5) Telah memiliki jaringan dengan media massa
    6) Memiliki pengetahuan lanskap mutakhir media
    7) Memiliki kemampuan komunikasi tulis dan lisan yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
       
  b. Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan
    1) Kualifikasi pendidikan paling rendah magister (S2) diutamakan bidang humaniora atau bahasa dan sastra
    2) Memiliki pengalaman manajerial paling sedikit 5 (lima) tahun
    3) Memiliki pengalaman jabatan di bidang soft diplomasi paling sedikit 3 (tiga) tahun
    4) Memiliki kemampuan komunikasi tulis dan lisan yang baik dalam bahasa Indonesia
    5) Memiliki kemampuan bahasa asing minimal bahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor IELTS 6, atau TOEFL 500
TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 17 Februari 2015 sampai dengan 10 Maret 2015, dengan mekanisme sebagai berikut:
  a. Pelamar wajib memiliki alamat surat elektronik (email) yang aktif untuk mengikuti proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama
  b. b. Peserta seleksi melakukan pendaftaran/registrasi awal secara online melalui laman http://sdm.kemdikbud.go.id:8080/sekretariatpansel dengan cara memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan alamat email.
  c. Panitia Seleksi mengkonfirmasi pendaftaran/registrasi awal pelamar dan memberikan username serta password melalui email berdasarkan data pendaftaran/resgistrasi awal sebagaimana huruf b di atas.
  d. Pendaftaran/registrasi lanjutan dapat dilakukan setelah 1x24jam pelamar menerima username dan password dari Panitia Seleksi.
  e. Lakukan login aplikasi online untuk proses pendaftaran/registrasi lanjutan sebagai berikut:
    1) Mengisi formulir pendaftaran;
    2) Menyetujui pernyataan integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar;
    3) Mengunggah (upload) pas foto terbaru, maksimal ukuran file 500 KB (setara ukuran pas foto 3×4 cm);
    4) Mencetak Kartu Peserta Seleksi;
    5) Mencetak formulir pendaftaran.; dan
    6) Mencetak lembar Alamat Pengiriman Dokumen.
     
2. Lamaran ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi disertai dokumen terdiri atas:
  a. Asli hasil cetakan (print-out) Formulir Pendaftaran online yang ditandatangani pelamar
  b. Riwayat Hidup lengkap yang telah ditandatangani peserta seleksi sesuai dengan format yang dapat diunduh melalui laman http://sdm.kemdikbud.go.id:8080/sekretariatpansel
  c. Fotokopi SK pangkat terakhir
  d. Fotokopi SK jabatan terakhir
  e. Fotokopi ijazah tertinggi
  f. Fotokopi KTP
  g. Fotokopi Penilaian Prestasi Kerja PNS (DP3), dua tahun terakhir;
  h. Fotokopi tanda terima LHKPN (bagi pejabat yang wajib mengisi LHKPN) dan SPT tahun terakhir;
  i. Surat Keterangan dari dokter pemerintah yang menyatakan sehat jasmani dari dokter umum dan sehat rohani dari dokter jiwa/psikiater, serta surat keterangan bebas narkoba yang dilengkapi dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam satu bulan terakhir;
  j. Surat Keterangan di atas materai Rp. 6.000,- dari atasan langsung yang menyatakan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang/berat, serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin, tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan PP Nomor 53 Tahun 2010, dengan format yang dapat diunduh melalui laman http://sdm.kemdikbud.go.id:8080/sekretariatpansel ;
  k. Fotokopi sertifikat skor IELTS atau TOEFL institusional yang masih berlaku (dua tahun terakhir) bagi peserta seleksi calon Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan; dan
  l. Fotokopi sertifikat kelulusan Diklat Kepemimpinan Tk II/SPAMEN (jika ada).
       
3. Penyampaian dokumen
  a. Berkas lamaran sebagaimana angka 2 (dua) di atas disampaikan dalam 1 (satu) amplop tertutup yang ditempel lembar Alamat Pengiriman Dokumen.
  b. Berkas lamaran harus terkirim paling lambat tanggal 10 Maret 2015 (stempel pos) yang ditujukan kepada
   

Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
U.p. Kepala Biro Kepegawaian Kemdikbud
PO BOX 1011 JKP 10010

Informasi dan jadwal selengkapnya dapat dilihat pada laman Kemdikbud: http://sdm.kemdikbud.go.id:8080/sekretariatpansel

Silakan unduh: Pengumuman Nomor 12289/A4.4/KP/2015

Terbaru

  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif
  • MOOC UGM Online: Pelatihan Psychological First Aid untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Kesehatan Mental
  • Materi Webinar Tahun 2025

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak