
Masa-masa pensiun merupakan masa-masa yang merdeka dimana pegawai telah terbebas dari tugas dan kewajibannya sebagai pegawai. Setelah pensiun, idealnya pegawai semakin bahagia. Akan tetapi sebagian pegawai justru cemas dengan pensiun yang dihadapi. Ketakutan terhadap kondisi keuangan yang turun dan ketidaksiapan mental menghadapi perubahan status sosial yang dihadapi, dan tidak jarang mengalami masalah yang serius baik secara ekonomi, kejiwaan maupun fisik. Oleh karena itu semestinya pensiun harus dipersiapkan sejak awal, termasuk bagaimana kita mengelola uang sebelum pensiun sehingga pada masa tua tetap bahagia. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Direktorat SDM UGM bersama dengan Bank Mandiri Taspen Pos menyelenggarakan acara Sosialisasi Transformasi Kantor Bayar Pensiun pada Rabu, 10 Agustus 2016.
Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Sumber Daya Manusia, Emmy Indjatmiati, M.Si. Dalam sambutannya, Sekretaris Direktorat Sumber Daya Manusia menyampaikan terimakasih kepada tamu undangan yang telah berkenan meluangkan waktu untuk mengikuti acara tersebut.
“Harapannya program-programnya mantap untuk kita ikuti. Karena kalau saya baca dari layanan yang nantinya akan disediakan cukup komprehensif mulai dari membantu proses layanannya. Jadi kita tidak perlu susah-susah ternyata.”
“Kalau dulu pegawai yang pensiun mengeluhkan bahwa dalam layanan pensiun seperti di-pingpong kesana kemari, padahal dalam memberikan iuran pensiun setiap bulan selalu tepat waktu. Seperti tidak seimbang antara kewajiban kita harus membayar dengan hak kita ketika akan klaim dana pensiun. Sehingga ini sangat baik sekali tawaran dari Bank Mandiri Taspen Pos ini, semoga dapat disambut dengan baik oleh Bapak Ibu sekalian”, imbuh Ibu Emmy Indjatmiati.
Harapannya adalah pensiun tetap sehat. Harapannya tua tetap bahagia. Pertanyaannya bagaimana tetap bahagia kalau kita tidak punya uang? Artinya bahwa uang itu perlu diatur. Program dari Bank Mandiri Taspen Pos ini diharapkan dapat memudahkan prosesnya, artinya klaimnya mudah, menyimpannya mudah, dan mengambilnya juga mudah bahkan diharapkan ada tawaran-tawaran kemudahan yang lain.
“Semoga kerjasama ini dapat berjalan terus dan berjalan lancar. Karena setiap tahun pegawai di Universitas Gadjah Mada kurang lebih yang pensiun untuk tenaga kependidikan ada 120 orang, dan yang dosen kurang lebih 60 orang. Kurang lebih setiap tahun terdapat 200 orang yang pensiun dari pegawai UGM”, ungkap Ibu Emmy Indjatmiati mengakhiri sambutannya.
Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Program Dana Pensiun oleh Bank MANTAP yang disampaikan oleh Bapak Fahmudin dari Divisi Mikro Bisnis. Mengawali sambutannya, Bapak Fahmudin membuka dengan sambutan, “Tua itu pasti, pensiun itu pasti. Bahkan sampai usia nya pun sudah dibatasi.”
Dalam sambutannya, Fahmudin dari Bank MANTAP memperkenalkan Bank MANTAP. Bank MANTAP merupakan transformasi dari tiga badan usaha besar yaitu Bank Mandiri, PT Taspen dan PT Pos Indonesia. Tahun 2013 Kemeterian BUMN memberikan himbauan untuk membuat Bank yang khusus menangani Pegawai Negeri dan pensiunan karena selama ini belum ada Bank yang khusus menangani pegawai negeri dan pensiunan.
Mengapa Taspen? Karena kita tahu bahwa pegawai negeri adalah aset kelolaan Taspen pada saat pensiun nanti. Mengapa PT Pos? Karena PT Pos yang jaringannya paling luas, tempat non bank yang menjadi juru bayarnya Taspen. Mengapa Bank Mandiri? Karena Bank Mandiri sudah 8 kali memenangkan service excellent. Perbedaannya dengan bank yang lainnya, secara service excellent sama, akan tetapi dari sisi produk, layanan dan infrastrukturnya akan berbeda.
Acara dilanjutkan dengan paparan oleh Faoma Deli, Kepala Bagian Umum, SDM dan Keuangan PT Taspen. Taspen bekerjasama dengan Bank Mandiri dan PT Pos dalam layanan kepensiunan. Dalam pembukaannya Faoma Deli mengatakan bahwa sampai saat ini PT Taspen ini mengelola empat program, meliputi tabungan hari tua, tabungan pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Faoma Deli dalam pemaparannya menjelaskan sejak kapan pegawai terdaftar hingga mekanisme pelayanan. Harapan dari PT Taspen adalah semua penerima pensiun dibayarkan melalui Bank MANTAP. Keuntungannya adalah semua informasi tentang pensiun lebih cepat diterima jika melalui Bank MANTAP. Taspen lebih mudah mengawasi dan mengontrol pelayanan tersebut jika dilakukan melalui Bank MANTAP.
“Harapan kami semua pensiunan UGM bisa dilayani melalui Bank MANTAP. Semoga melalui paparan singkat ini dapat menambah pengetahuan Bapak Ibu menghadapi masa pensiun kelak.” ungkap Faoma Deli mengakhiri sambutannya.
Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab. Antusiasme peserta terlihat dari peserta yang terlibat aktif dalam sesi tanya jawab. Dalam diskusi tanya jawab ini juga dibagikan 8 doorprize dan 5 gimmick bagi peserta. (Dit. SDM/Rima)