Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan kompetensi staf bidang keuangan, Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sistem Dan Pengelolaan Keuangan bagi para staf keuangan di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Melalui penyelenggaraan Diklat, staf keuangan diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sistem pencatatan, pengelolaan, maupun pelaporan keuangan yang didukung oleh sistem keuangan terintegrasi di tingkat Universitas yaitu SIMABEKA dan SIMKEU. Penyempurnaan sistem keuangan terus dilakukan guna mempermudah pekerjaan dan mempercepat pelayanan tanpa mengesampingkan pengendalian internal pengelolaan keuangan. Selain itu, melalui pelatihan keuangan ini diharapkan dapat menyamakan persepsi masing-masing staf keuangan dalam pengelolaan sistem keuangan, sehingga memudahkan pengimplementasian sistem dalam pekerjaan sehari-hari.
Diklat diselenggarakan selama 3 hari mulai Selasa, 6 Oktober 2015 di Ruang Sidang Utama LPPM, Gedung Pusat UGM. Diklat diikuti oleh 78 Calon Pemegang Uang Muka Kerja (PUMK) pada Fakultas/Sekolah, Pusat Studi, Kantor Pusat, GMC dan RS UGM.
Diklat dibuka oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin. Dalam sambutannya Dr. Ratminto menyampaikan bahwa aplikasi yang telah dikembangkan UGM untuk mendukung kinerja keuangan perlu dimanfaatkan secara optimal.
“Bapak Ibu harus mengenali dan memahami dengan baik alur kerja sistem keuangan yang telah dibangun universitas. Aplikasi tersebut dibangun untuk mempermudah kinerja Bapak Ibu dan mensupport hubungan kerja pengelolaan keuangan di level unit kerja dengan universitas” ungkap Dr. Ratminto. Selain itu, Dr. Ratminto juga berpesan kepada peserta pelatihan agar setelah mengikuti pelatihan, pemahaman terhadap sistem semakin baik dan etos kerja dapat meningkat.
Materi Diklat Keuangan meliputi Kebijakan Umum Bidang Keuangan, proses perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran sampai dengan pelaporan keuangan dengan menggunakan aplikasi SIMABEKA dan SIMKEU. Materi disampaikan oleh narasumber yang mumpuni di bidang keuangan UGM diantaranya Drs. Haryono, M.Com., Akt., Harnowo SW, Samiyati, M.Acc., Feri Farhan Kurniawan, Sri Naryo, Ninik Supriyantini, Hesti Arumawati, Irvan Pengabdian, Cicuk Kriswanto, Agung Wijayanto dan Al Fauzi Dahlan.
Mukorobin, S.Sos., staf keuangan dari Direktorat Kemitraan dan Alumni mengungkapkan bahwa pelatihan ini bermanfaat sekali untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Lebih lanjut Mukorobin menyampaikan harapannya.
“Setelah pelatihan, harapannya PUMK di unit kerja dengan verifikator memiliki kesamaan persepsi dan pemahaman, terutama yang berkaitan dengan transaksi sehari-hari seperti SBU (Standar Biaya Umum-red) dan pajak-pajak” ungkap Mukorobin.(Dit. SDM/Evi)