• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Dosen Muda UGM Ikuti Diklat Penulisan Publikasi Ilmiah dan Publikasi Internasional

Dosen Muda UGM Ikuti Diklat Penulisan Publikasi Ilmiah dan Publikasi Internasional

  • Kegiatan
  • 4 September 2018, 10.43
  • Oleh : sdmugm

Yogyakarta – Dosen muda UGM harus memiliki semangat untuk mempersiapkan strategi agar dapat menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi. Pesan tersebut disampaikan Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM, dalam pembukaan Pelatihan Penulisan Publikasi Ilmiah dan Publikasi Internasional bagi Dosen Muda di UC UGM, Senin (30/7/2018).
“Mari dosen-dosen muda, mulai saat ini persiapkan strategi untuk memiliki publikasi ilmiah. Capailah publikasi pada jurnal internasional bereputasi yang terindeks, misalnya di Scopus, agar dapat menjadi rujukan, serta memiliki impact factor tinggi” ungkap Bapak Wakil Rektor.
Pelatihan berlangsung selama 2 hari, mulai hari Senin 30 Juli sampai dengan Selasa, 31 Juli 2018 dan diikuti oleh 122 dosen. Sebagai tanda pelatihan dimulai, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto menyampaikan sambutan sekaligus himbauan terkait pentingnya mempersiapkan publikasi di jurnal ilmiah terakreditasi bagi dosen-dosen muda.
“Pelatihan penulisan dan publikasi ini bertujuan untuk memberikan persiapan yang matang kepada para dosen muda, agar dapat memiliki prestasi dalam publikasi nasional atau internasional terakreditasi serta konferensi “, ungkap Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto.
Beliau juga menyampaikan bahwa publikasi penting untuk dilakukan oleh dosen karena beberapa hal, antara lain: 1) untuk meningkatkan sitasi, 2) untuk meningkatkan reputasi universitas, 3) sebagai penunjang kinerja dosen yang bersangkutan, seperti persyaratan kenaikan jenjang karier/kenaikan pangkat, dan sebagai persyaratan mendapatkan insentif publikasi internasional terakreditasi.
Beberapa hal lain yang penting dalam pelatihan ini adalah perihal pemberian pemahaman etika dan kode etik penulisan, mengingat mekanisme dan teknis setiap jurnal dan publikasi berbeda-beda. Beberapa masalah yang sering terjadi salah satunya adalah pelanggaran terhadap etika penulisan dan kode etik sitasi oleh karena itu, dalam pelatihan ini dijelaskan bagaimana antisipasi yang perlu dilakukan agar tulisan dapat terpublikasi pada jurnal yang terakreditasi baik level nasional maupun internasional.
“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan menjadi modal untuk persiapan mencapai jenjang karir tertinggi bagi dosen, misalnya menjadi guru besar pada 10 tahun mendatang,” ungkap Prof.Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto. (DSDM/Citra)

Terbaru

  • MOOC UGM Online: Pelatihan Akuntansi Pengantar untuk Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan
  • Mewujudkan Kesejahteraan Bekerja melalui Psychological Safety dan Job Crafting
  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak