Yogyakarta – PrimaSDM adalah program inovasi pelayanan publik yang telah diusung oleh Direktorat SDM UGM, guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi pemangku kepentingan di lingkungan UGM. Sebagaimana idealnya sebuah fase implementasi program dan kebijakan, maka PrimaSDM inipun tidak terlepas dari kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk melihat tingkat efisiensi, efektifitas, serta berbagai hal yang masih perlu diperbaiki. Setelah diimplementasikan selama tujuh bulan, Direktorat SDM UGM melakukan kegiatan evaluasi PrimaSDM di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta pada tanggal 31 Mei 2019, yang dihadiri oleh 56 orang, yaitu meliputi stakeholder Direktorat SDM, Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi, Kantor Hukum dan Organisasi, serta Kantor Audit Internal UGM.
Materi evaluasi program pelayanan PrimaSDM dipaparkan langsung oleh Dr. Ratminto, M.Pol.Admin selaku Direktur SDM UGM. Materi evaluasi tersebut didasarkan atas hasil survei kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Direktorat SDM UGM secara umum, serta persepsi pelanggan terhadap implementasi PrimaSDM secara khusus. Survey kepuasan pelanggan ini telah direspon oleh 634 responden, dengan klasifikasi responden dari tenaga kependidikan sebanyak 522 responden dan dosen 112 responden. Hasil dari survei tersebut menyatakan bahwa lebih dari 85% responden merasa puas terhadap pelayanan Direktorat SDM dan secara khusus mengapresiasi diluncurkannya PrimaSDM. Persepsi responden terhadap PrimaSDM positif dan menyatakan bahwa PrimaSDM telah membantu peningkatan kualitas pelayanan secara efektif.
Namun begitu, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki berdasarkan masukan dari responden. Masukan dari para pemangku kepentingan tersebut menjadi perhatian utama dari Direktorat SDM UGM sebagai salah satu bahan perbaikan program. Selain melalui survei, evaluasi PrimaSDM juga dilakukan melalui mekanisme diskusi dan sharing antar staf di Direktorat SDM UGM.
Pada akhir acara, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan yang datang untuk meminta pelayanan.
“Sudah sejak lama saya tekankan, kalau bekerja itu teamwork, baik itu kenaikan jabatan, kenaikan pangkat, ijin luar negeri, dan apapun. Disitulah kerja sama tim sangat penting untuk dapat menyelesaikan pekerjaan secara tepat, cepat, dan akurat”, imbuhnya.
Tidak hanya itu, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin juga menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi ke depan adalah multikompetensi yang harus dikuasai oleh seluruh pegawai guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. (Viny/DSDM).