Peran pegawai terutama di lingkungan kantor Sekretariat Pimpinan Universitas Gadjah Mada (UGM) sangat penting perannya dalam mendukung terlaksananya berbagai program untuk menjawab berbagai tantangan universitas yang semakin kompleks. Sekretaris dituntut untuk menjadi pribadi yang katalis (catalyst personality), yakni pribadi yang memberdayakan diri sendiri dan orang lain, dengan dibekali kemampuan kolaborasi dan dengan mengandalkan personal power yang maksimal. Kualitas pribadi katalis ini penting dalam peran mereka mendukung koordinasi berbagai tugas, terutama dalam persiapan, pelaksanaan maupun pengelolaan administrasi dan pihak-pihak terkait yang terlibat berbagai kegiatan, baik pada tingkatan universitas, fakultas, unit kerja, maupun pihak mitra eksternal. Pegawai harus mampu berinteraksi secara efektif, dengan mengandalkan kemampuan interpersonal yang dapat memenuhi sasaran kerja, dapat membangun kepercayaan berbagai pihak, serta dapat menciptakan suasana dan budaya kerja yang kondusif.
Direktorat Sumber Daya Manusia, bekerjasama dengan Sekretaris Rektor UGM, melaksanakan Pelatihan Interaksi Efektif di Lingkungan Kerja. Pelatihan tersebut dirancang bagi pegawai di lingkungan sekretariat pimpinan dengan tujuan untuk membekali para pegawai konsep dan perangkat berinteraksi secara efektif dengan menggunakan prinsip-prinsip interaksi yang menghargai, melibatkan, memberdayakan sehingga proses interaksi dan komunikasi yang mereka lakukan dapat diterima dengan baik, sekaligus memastikan tujuan interaksi/komunikasi tercapai. Pelatihan Interaksi Efektif di Lingkungan Kerja dilaksanakan pada Sabtu, 24 September 2022 bertempat di Hotel Grand Rohan Jogja, dan diikuti peserta sejumlah 75 orang.
Pelatihan dibuka dengan penyampaian petunjuk teknis pelatihan oleh Kepala Subdirektorat Data dan Administrasi Pendidikan dan Pelatihan, Erika Purnawati, S.Kom., M.Cs. Selanjutnya, pembukaan dan materi pelatihan pertama disampaikan oleh Sekretaris Rektor, Drs. Gugup Kismono, M.B.A., Ph.D., yang menyampaikan pengarahan umum kepada seluruh peserta pelatihan. Narasumber inti pada pelatihan ini adalah Dr.(C) Antonius Sudarisman, M.M, beliau merupakan Human Resources Expert and Researcher. Materi pelatihan yaitu Kompetensi Pegawai/Sekretaris di Lingkungan Kantor Sekretariat Pimpinan, Interaction Key Principles, Feedback Fundamentals (STAR) Interactions Process, dan Action Plans. Salah satu peserta pelatihan menyatakan bahwa Pelatihan Interaksi Efektif merupakan “kesempatan untuk meningkatkan kapasitas diri”. (DSDM/Rista)