• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Berita
  • Pelatihan Komunikasi Bisnis: Menjadi Tenaga Kependidikan yang Unggul dan Percaya Diri

Pelatihan Komunikasi Bisnis: Menjadi Tenaga Kependidikan yang Unggul dan Percaya Diri

  • Berita, Kegiatan
  • 17 Januari 2025, 10.12
  • Oleh : sdmugm

Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam membangun hubungan yang produktif dan profesional. Sebagai bagian dari komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan, Direktorat Sumber Daya Manusia (DSDM) UGM bekerja sama dengan Direktorat Kajian dan Inovasi Akademik (DKIA) UGM pada 26 November s.d. 3 Desember 2024 menyelenggarakan Pelatihan Komunikasi Bisnis dengan menggunakan metode Massive Open Online Course (MOOC) melalui UGM Online. Kemudian pada akhir pelatihan, terdapat 2 sesi  pendalaman materi dan diskusi serta tanya jawab yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Pelatihan yang bertujuan untuk membekali para tenaga kependidikan (tendik) dengan keterampilan komunikasi yang efektif, baik dalam lingkungan akademik maupun profesional ini, diikuti oleh 450 tendik UGM.

Narasumber  dalam pelatihan ini adalah Dr. Agusta Ika Prihanti Nugraheni, SE, MBA dari Sekolah Vokasi. Topik yang dibahas meliputi: Komunikasi  Verbal, Komunikasi Non Verbal, dan Komunikasi di Media Sosial. Beliau memaparkan komunikasi verbal dalam konteks bisnis melibatkan proses transmisi pesan menggunakan bahasa, baik verbal maupun nonverbal. Komunikasi verbal terdiri dari dua jenis, yaitu komunikasi verbal lisan (berbicara) dan tertulis (menulis). Beliau menyoroti pentingnya kemampuan menulis dan membaca dalam komunikasi tertulis. Komunikasi verbal melibatkan membaca dan mendengarkan sebagai bentuk pengambilan informasi. Beliau memberikan contoh situasi komunikasi verbal dalam berbagai konteks, seperti obrolan langsung, chatting, surat, dan email. Adanya perbedaan bahasa dan persepsi yang bisa menjadi hambatan, beliau juga menyampaikan prinsip-prinsip untuk menghindari ambiguitas dan kesalahpahaman dalam komunikasi verbal, serta pentingnya penekanan kata dan penempatan tanda baca untuk memahami makna yang benar.

Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam membangun hubungan kerja yang produktif, baik di dalam kampus maupun dengan mitra eksternal. Pelatihan ini dapat membantu tendik UGM menjadi lebih percaya diri dan terampil dalam berkomunikasi. (DSDM/Adi).

Tags: SDG 4: Pendidikan berkualitas SDG 8: Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi

Terbaru

  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif
  • MOOC UGM Online: Pelatihan Psychological First Aid untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Kesehatan Mental
  • Materi Webinar Tahun 2025

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak