Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam membangun hubungan yang produktif dan profesional. Sebagai bagian dari komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan, Direktorat Sumber Daya Manusia (DSDM) UGM bekerja sama dengan Direktorat Kajian dan Inovasi Akademik (DKIA) UGM pada 26 November s.d. 3 Desember 2024 menyelenggarakan Pelatihan Komunikasi Bisnis dengan menggunakan metode Massive Open Online Course (MOOC) melalui UGM Online. Kemudian pada akhir pelatihan, terdapat 2 sesi pendalaman materi dan diskusi serta tanya jawab yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Pelatihan yang bertujuan untuk membekali para tenaga kependidikan (tendik) dengan keterampilan komunikasi yang efektif, baik dalam lingkungan akademik maupun profesional ini, diikuti oleh 450 tendik UGM.
Narasumber dalam pelatihan ini adalah Dr. Agusta Ika Prihanti Nugraheni, SE, MBA dari Sekolah Vokasi. Topik yang dibahas meliputi: Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, dan Komunikasi di Media Sosial. Beliau memaparkan komunikasi verbal dalam konteks bisnis melibatkan proses transmisi pesan menggunakan bahasa, baik verbal maupun nonverbal. Komunikasi verbal terdiri dari dua jenis, yaitu komunikasi verbal lisan (berbicara) dan tertulis (menulis). Beliau menyoroti pentingnya kemampuan menulis dan membaca dalam komunikasi tertulis. Komunikasi verbal melibatkan membaca dan mendengarkan sebagai bentuk pengambilan informasi. Beliau memberikan contoh situasi komunikasi verbal dalam berbagai konteks, seperti obrolan langsung, chatting, surat, dan email. Adanya perbedaan bahasa dan persepsi yang bisa menjadi hambatan, beliau juga menyampaikan prinsip-prinsip untuk menghindari ambiguitas dan kesalahpahaman dalam komunikasi verbal, serta pentingnya penekanan kata dan penempatan tanda baca untuk memahami makna yang benar.
Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam membangun hubungan kerja yang produktif, baik di dalam kampus maupun dengan mitra eksternal. Pelatihan ini dapat membantu tendik UGM menjadi lebih percaya diri dan terampil dalam berkomunikasi. (DSDM/Adi).