Pusat Keamanan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (PK4L) Universitas Gadjah Mada (UGM) berfungsi sebagai penyelenggara dan pengkoordinasi keamanan, keselamatan kesehatan kerja, dan perlindungan di lingkungan UGM. PK4L adalah wajah UGM dan garda terdepan dalam pelayanan, dalam pelaksanaan tugas pokok, dan fungsi organisasi PK4L diperlukan kemampuan dalam pelayanan Prima, Perwujudan ini diperoleh dengan melakukan diklat pelayanan prima. Karena pelayanan prima merupakan keharusan dalam organisasi di lingkungan UGM. Pelayanan merupakan interaksi langsung antara petugas dengan pelanggan dan berdampak pada tingkat kepuasan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PK4L UGM bekerja sama dengan Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) menyelenggarakan Pelatihan Layanan Prima bagi personel PK4L UGM yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan pelayanan personel PK4L UGM dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kepada civitas dan mitra yang berkunjung ke Universitas Gadjah Mada.
Pelatihan Layanan Prima bagi personel PK4L UGM diikuti oleh 272 personel PK4L UGM yang terbagi dalam divisi-divisi tertentu. Pelatihan ini dibuka secara serentak pada Jumat, 11 November 2022, dengan metode daring oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D., beliau mengingatkan kepada pada petugas PK4L untuk selalu menerapkan S3 (Senyum, Sapa, dan Salam) dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari. Setelah pembukaan, Kepala Subdirektorat Data dan Administrasi Pendidikan dan Pelatihan, Erika Purnawati, S.Kom., M.Cs., berkesempatan untuk memberikan informasi mengenai Kontrak Belajar dan Tata Tertib Diklat. Pelatihan dibagi menjadi 2 Angkatan, diselenggarakan secara luring di Hall C Gedung Grha Sabha Pramana UGM, Angkatan 1 dilaksanakan pada Senin, 14 November 2022, dan Angkatan 2 pada Selasa, 15 November 2022.
Narasumber pada Pelatihan Layanan Prima bagi personel PK4L UGM merupakan ahli dan praktisi dalam bidang pelayanan prima. Pelatihan dibuka dengan pelaksanaan pre-test bagi seluruh peserta. Selanjutnya, materi mengenai Layanan Prima dalam Prespektif Psikolog yang disampaikan oleh Kepala Pusat Keamanan, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan UGM, Arif Nurcahyo, S.Psi., M.A. Materi selanjutnya yaitu mengenai Layanan Prima dalam Perspektif Praktisi yang disampaikan oleh Ferry Anggara. Pelatihan dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi yang dipaparkan kepada seluruh peserta. Pelatihan diakhiri dengan pelaksanaan post-test. Salah satu peserta dari PK4L menyatakan “pelatihan yang diselenggarakan oleh SDM sangat bermanfaat, kami menaruh harapan kepada Direktorat SDM untuk mengadakan pelatihan-pelatihan berkelanjutan lainnya, matur nuwun”. (DSDM/Rista)