• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Peluncuran dan Pelatihan Aplikasi LKD/BKD untuk Mendukung Kinerja Dosen

Peluncuran dan Pelatihan Aplikasi LKD/BKD untuk Mendukung Kinerja Dosen

  • Kegiatan
  • 15 Agustus 2019, 13.53
  • Oleh : sdmugm

Dosen merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan di dalam dunia pendidikan. Tugas dosen yang utama adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menjamin pelaksanaan tridharma perguruan tinggi oleh dosen berjalan sesuai dengan peraturan, maka perlu dilakukan pelaporan dan evaluasi secara berkala sebagai bentuk pertanggung jawaban kinerja dosen.

Sesuai dengan Peraturan Rektor UGM Nomor 20 Tahun 2016 tentang Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Universitas Gadjah Mada (UGM) telah selesai mengembangkan sistem LKD/BKD. Beban Kerja Dosen (BKD) merupakan laporan beban sks dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi dalam satu semester kedepan. Sedangkan Laporan Kinerja Dosen (LKD) merupakan laporan kinerja riil dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang dihitung dengan sks selama satu semester terakhir yang telah dijalani. BKD dihitung pada setiap awal semester, bersamaan dengan LKD pada semester sebelumnya. Dengan adanya sistem ini, setiap dosen di lingkungan UGM diwajibkan menggunakan sistem LKD/BKD untuk melaporkan LKD Semester Genap 2018/2019 dan BKD Semester Gasal 2019/2020.

Guna memperlancar pelaporan melalui sistem LKD/BKD, Direktorat Sumber Daya Manusia UGM menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) sekaligus pelatihan pengisian LKD/BKD. Rangkaian Pelatihan meliputi 3 kegiatan yaitu pelatihan Plotting Assesor dan Pengisian LKD/BKD pada tanggal 12 Agustus 2019 bertempat di UC Hotel, pelatihan mengisi LKD/BKD untuk Ketua Departemen (Kadep) dan Wakil Dekan sebagai representasi Dosen pada tanggal 13 Agustus 2019 bertempat di gedung MSI Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Adapun rangkaian kegiatan terakhir yaitu pelatihan melakukan penilaian LKD/BKD untuk para Assesor dan Kadep diselenggarakan di UC Hotel. Pembicara dalam kegiatan pelatihan ini  antara lain Prof. Dr. Bambang Agus Kironoto  selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Prof. Dr. Ir. Endang Baliarti, SU., Prof. Dr. Sri Raharjo sebagai Tim BKD/LKD Universitas dan Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI). Dalam salah satu sesi paparan Prof. Endang menyampaikan, dengan adanya sistem ini, masing-masing dosen dapat melihat kecukupan BKD dan Penilaian Angka Kredit (PAK). Kemudian, Prof. Endang juga berharap dengan adanya sistem ini, para Ketua Departemen dapat melihat potensi dan komitmen tiap dosen di departemennya sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam usulan kenaikan pangkat.

Dalam kegiatan pelatihan terdapat juga sosialisasi pengisian BKD/LKD dosen dengan sistem oleh Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D. Sistem sistem LKD/BKD ini ditujukan untuk level pengguna dosen (tenaga pendidik) yang akan melakukan input data terkait bidang-bidang dalam LKD/BKD. Sistem ini dapat dibuka melalui laman https://simaster.ugm.ac.id dengan menggunakan email UGM. Widyawan mengingatkan, sebelum dosen melakukan input data, pastikan admin fakultas telah memilih dan memetakan assesor dan enumerator dengan dosen yang bersangkutan. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penutup. Dengan adanya sistem LKD/BKD ini, diharapkan dapat mempermudah kegiatan pelaporan dan evaluasi bagi dosen di lingkungan UGM. (Elma/SDM)

Terbaru

  • MOOC UGM Online: Pelatihan Akuntansi Pengantar untuk Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan
  • Mewujudkan Kesejahteraan Bekerja melalui Psychological Safety dan Job Crafting
  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak