Dosen merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan di dalam dunia pendidikan. Tugas dosen yang utama adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menjamin pelaksanaan tridharma perguruan tinggi oleh dosen berjalan sesuai dengan peraturan, maka perlu dilakukan pelaporan dan evaluasi secara berkala sebagai bentuk pertanggung jawaban kinerja dosen.
Sesuai dengan Peraturan Rektor UGM Nomor 20 Tahun 2016 tentang Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Universitas Gadjah Mada (UGM) telah selesai mengembangkan sistem LKD/BKD. Beban Kerja Dosen (BKD) merupakan laporan beban sks dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi dalam satu semester kedepan. Sedangkan Laporan Kinerja Dosen (LKD) merupakan laporan kinerja riil dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang dihitung dengan sks selama satu semester terakhir yang telah dijalani. BKD dihitung pada setiap awal semester, bersamaan dengan LKD pada semester sebelumnya. Dengan adanya sistem ini, setiap dosen di lingkungan UGM diwajibkan menggunakan sistem LKD/BKD untuk melaporkan LKD Semester Genap 2018/2019 dan BKD Semester Gasal 2019/2020.
Guna memperlancar pelaporan melalui sistem LKD/BKD, Direktorat Sumber Daya Manusia UGM menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) sekaligus pelatihan pengisian LKD/BKD. Rangkaian Pelatihan meliputi 3 kegiatan yaitu pelatihan Plotting Assesor dan Pengisian LKD/BKD pada tanggal 12 Agustus 2019 bertempat di UC Hotel, pelatihan mengisi LKD/BKD untuk Ketua Departemen (Kadep) dan Wakil Dekan sebagai representasi Dosen pada tanggal 13 Agustus 2019 bertempat di gedung MSI Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Adapun rangkaian kegiatan terakhir yaitu pelatihan melakukan penilaian LKD/BKD untuk para Assesor dan Kadep diselenggarakan di UC Hotel. Pembicara dalam kegiatan pelatihan ini antara lain Prof. Dr. Bambang Agus Kironoto selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Prof. Dr. Ir. Endang Baliarti, SU., Prof. Dr. Sri Raharjo sebagai Tim BKD/LKD Universitas dan Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI). Dalam salah satu sesi paparan Prof. Endang menyampaikan, dengan adanya sistem ini, masing-masing dosen dapat melihat kecukupan BKD dan Penilaian Angka Kredit (PAK). Kemudian, Prof. Endang juga berharap dengan adanya sistem ini, para Ketua Departemen dapat melihat potensi dan komitmen tiap dosen di departemennya sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam usulan kenaikan pangkat.
Dalam kegiatan pelatihan terdapat juga sosialisasi pengisian BKD/LKD dosen dengan sistem oleh Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D. Sistem sistem LKD/BKD ini ditujukan untuk level pengguna dosen (tenaga pendidik) yang akan melakukan input data terkait bidang-bidang dalam LKD/BKD. Sistem ini dapat dibuka melalui laman https://simaster.ugm.ac.id dengan menggunakan email UGM. Widyawan mengingatkan, sebelum dosen melakukan input data, pastikan admin fakultas telah memilih dan memetakan assesor dan enumerator dengan dosen yang bersangkutan. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penutup. Dengan adanya sistem LKD/BKD ini, diharapkan dapat mempermudah kegiatan pelaporan dan evaluasi bagi dosen di lingkungan UGM. (Elma/SDM)