Yogyakarta – Dalam rangka menunjang salah satu program pemerintah yakni Gerakan Indonesia Melayani yang termuat dalam Inpres No. 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, Universitas Gadjah Mada melalui Direktorat Sumber Daya Manusia berupaya melakukan yang terbaik dalam pengembangan inovasi pelayanan publik yang diwujudkan melalui program PrimaSDM. PrimaSDM yang merupakan akronim dari Program Integrasi Simplifikasi Pelayanan Sumber Daya Manusia juga terwujud dalam rangka menjawab tantangan gerakan Reformasi Birokrasi yang dicanangkan oleh Pemerintah dan UGM. PrimaSDM diharapkan mampu mendukung pencapaian visi dan misi UGM dan memenuhi tuntutan akan pelayanan yang cepat, tepat, ramah, dan pasti.
PrimaSDM sendiri merupakan program perbaikan secara komprehensif untuk meningkatkan kualitas layanan bidang ke-SDM-an dengan cara mengintegrasikan seluruh layanan dan mensimplifikasikan beberapa prosedur layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi, serta melakukan perubahan mindset, budaya kerja, dan peningkatan kualitas pegawai Direktorat Sumber Daya Manusia. PrimaSDM memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Direktorat SDM, terutama Dosen dan Tenaga Kependidikan, dan juga untuk memperbaiki kelemahan sistem pelayanan yang lama. Optimisme lain dengan digulirkannya PrimaSDM adalah masuknya program ini ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada tahun 2020.
Dengan semboyan “Prioritas Kami Melayani Anda”, PrimaSDM hadir dengan delapan layanan utama yang saling terintegrasi satu dengan lainnya. Kedelapan layanan tersebut adalah:
- Satu (Pos Layanan Terpadu), gerai pelayanan satu pintu seluruh administrasi ke-SDM-an yang dilengkapi dengan sistem informasi layanan dan sistem antrian yang jelas dan pelayanan konsultasi, waktu pelayanan pada jam operasional kantor;
- Sinergi (Sistem Layanan HR Terintegrasi), memiliki konsep otomasi pelayanan administrasi kepegawaian dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
- Sakti (Sistem Lacak Dokumen Terintegrasi), aplikasi penelusuran layanan yang dapat dimanfaatkan pelanggan dimanapun dan kapanpun;
- Satelit (Pos Pelayanan Terpadu Keliling Direktorat SDM UGM), gerai pelayanan terpadu dengan konsep mobile, sehingga dapat memberikan layanan langsung di lokasi terdekat pelanggan;
- Chips (Cepat, Handal, Garansi Pasti Puas), layanan pengantaran dan penjemputan dokumen;
- SDM Menyapa, layanan pemberian informasi kepada pelanggan yang dilakukan melalui SMS:08-78248-78248;
- HALO SDM, layanan komunikasi untuk pelanggan terkait dengan pertanyaan, usulan dan aspirasi, melalui nomor HALO SDM: 08-78248-78248; dan,
- SMART (Sinergi, Mumpuni, Antusias, Responsif, dan Tangguh), budaya pelayanan yang mudah, murah, ramah dan pasti yang dikembangkan seiring dengan dijalankannya program Prima SDM.
Pelaksanaan program PrimaSDM diharapkan dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat menjawab segala tantangan dan tuntutan pelanggan. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan ke-SDM-an dapat segera terwujud. (Monica/DSDM; Foto:Firsto/HUMAS)