• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Sekolah Prodi Pascasarjana 2021: Peran Program Studi Dalam Kepemimpinan Keilmuan dan Kontribusi Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi

Sekolah Prodi Pascasarjana 2021: Peran Program Studi Dalam Kepemimpinan Keilmuan dan Kontribusi Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi

  • Kegiatan
  • 4 Juni 2021, 12.07
  • Oleh : sdmugm

Pada Rabu, 5 Mei 2021, Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sekolah Program Studi (Prodi) Pascasarjana tahun 2021. Sekolah Prodi Pascasarjana yang diikuti oleh 215 peserta. Peserta dalam kegiatan Sekolah Program Studi  tahun 2021 ini adalah seluruh Ketua dan Sekretaris Program Studi Program Pascasarjana (Doktor, Magister, Spesialis, Profesi) di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Pelaksanaan Sekolah Prodi Pascasarjana dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting secara diskusi sinkron.

Pembukaan oleh Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr

Pelaksanaan Sekolah Prodi Pascasarjana terbagi menjadi dua hari. Pada hari pertama, terdapat 7 topik materi yang disampaikan oleh narasumber dari para ekspert di bidangnya. Topik materi pertama yaitu Peran Program Studi dalam Monitoring dan Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bidang ke SDM an melalui Simaster dan Proses Pelaporannya yang disampaikan oleh Wakil Rektor bidang Sumber Daya Manusia, Bapak Prof. Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto. Pada materi pertama diskusi dilaksanakan dengan sangat interaktif. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan diskusi secara langsung melalui fitur raise hand maupun melalui kolom chat.

Materi pertama oleh Prof. Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto

Topik materi kedua dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr yang berjudul Arah Kebijakan Pendidikan di UGM dan Peran Program Studi dalam Kurikulum mendukung Kebijakan Merdeka Belajar. Pada topik ini, peserta diajak untuk mendukung Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) pada level Pascasarjana. Beberapa peserta juga mengajukan diskusi mengenai materi tersebut.

Materi kedua oleh Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr

Selanjutnya, topik materi ketiga yaitu mengenai Peran Program Studi dalam Mendukung Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dipaparkan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi, Bapak Supriyadi, Ph.D., M.Sc., CA., Ak.. Kemudian dilanjutkan oleh topik Arah Kebijakan Penelitian di UGM dengan ibu Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D. Diskusi dilaksanakan secara interaktif dengan pembahasan penelitian pada level sekolah pascasarjana.

Materi oleh Supriyadi, Ph.D., M.Sc., CA., Ak.. dan drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D.

Topik-topik selanjutnya yaitu Strategi Pengembangan Kerjasama Akademik yang dipaparkan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M.. Dilanjutkan oleh Prof. Dr. Mustofa, Apt., M.Kes. Direktur pada Direktorat Penelitian UGM yang memberikan pemaparan topik Dukungan Skema Penelitian UGM untuk Riset Pascasarjana.

Materi oleh Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M.. dan Prof. Dr. Mustofa, Apt., M.Kes

Materi oleh Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M.Eng.

Pelaksanaan Sekolah Prodi Pascasarjana hari pertama diakhiri oleh pemaparan topik mengenai Praktik Baik Fasilitasi Riset Mahasiswa Pascasarjana yang diberikan oleh Kepala Pusat Studi Energi UGM, Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M.Eng.. (UGM/Rista)

 

 

Terbaru

  • MOOC UGM Online: Pelatihan Akuntansi Pengantar untuk Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan
  • Mewujudkan Kesejahteraan Bekerja melalui Psychological Safety dan Job Crafting
  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak