• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Berita
  • Sistem Kenaikan Pangkat Online UGM

Sistem Kenaikan Pangkat Online UGM

  • Berita, Kegiatan
  • 30 April 2020, 12.28
  • Oleh : sdmugm

Kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil (PNS) terhadap Negara. Sejak periode 1 Oktober 2017 sampai dengan saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menerapkan sistem pelayanan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) berbasis less-paper dengan ketentuan kenaikan pangkat pada periode April dan Oktober setiap tahunnya. Mengacu pada Peraturan Kepala (Perka) BKN Nomor 25 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemberian Persetujuan Teknis Kenaikan Pangkat Reguler PNS untuk menjadi Golongan Ruang IV/b ke bawah, kenaikan pangkat reguler PNS dapat diberikan apabila tidak melampaui pangkat atasan langsungnya, sekurang-kurangnya telah empat tahun dalam pangkat terakhirnya, serta setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir. Peraturan ini juga digunakan sebagai acuan dalam kenaikan pangkat pegawai non-PNS di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Sedangkan, untuk kenaikan pangkat pilihan PNS dengan jalur struktural, fungsional, penyesuaian ijazah dan sebagainya diusulkan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Keputusan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2002.

Menyambut sistem KPO berbasis less-paper dari BKN, saat ini UGM juga sedang mengembangkan sistem online untuk pengajuan usulan kenaikan pangkat tenaga kependidikan baik PNS maupun non-PNS. Sistem ini dapat diakses oleh pemroses kepegawaian (enumerator) unit kerja melalui alamat https://staff.sismaster.ugm.ac.id. Syarat kelengkapan dokumen kenaikan pangkat ditarik otomatis oleh sistem dari database Human Resource Information System (HRIS) UGM. Sistem kenaikan pangkat secara online tersebut diawali dengan pengunggahan dokumen kelengkapan kenaikan pangkat di HRIS serta verifikasi dokumen di sistem oleh enumerator unit kerja. Setelah itu, enumerator SDM UGM akan melakukan verifikasi ulang usulan yang telah masuk ke sistem. Daftar usulan yang lolos tahap verifikasi oleh enumerator SDM UGM, selanjutnya dibawa ke dalam Rapat Yudisium Kenaikan Pangkat Tenaga Kependidikan PNS dan Non-PNS. Pada periode April 2020, Rapat Yudisium telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 5 Februari 2020 dengan dihadiri oleh Direktur SDM UGM serta perwakilan unit kerja di lingkungan UGM. Dalam pertemuan ini, sejumlah 63 tenaga kependidikan PNS dan 14 tenaga kependidikan non-PNS telah dinyatakan memenuhi syarat dan lulus Yudisium Kenaikan Pangkat Tenaga Kependidikan Periode 1 April 2020. Tahapan selanjutnya, bagi tenaga kependidikan PNS yang lulus Yudisium, usulan kenaikan pangkat dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan bagi non-PNS SK Kenaikan Pangkat akan diproses oleh sistem secara otomatis dan masuk ke dalam database Human Resource Information System (HRIS) UGM.

Selain dapat mengurangi penggunaan kertas, adanya sistem kenaikan pangkat online tersebut juga dapat mempermudah pemroses unit kerja maupun SDM UGM dalam memilah tenaga kependidikan yang berhak mengikuti kenaikan pangkat pada periode berjalan. Harapannya, pada periode selanjutnya semua tahapan pengajuan kenaikan pangkat secara online seperti yang sudah dijelaskan di atas dapat dilaksanakan dengan tertib. Di samping itu, pengembangan dan penyempurnaan sistem kenaikan pangkat secara online akan terus dilakukan demi kebaikan bersama. (Sari/DSDM)

Terbaru

  • MOOC UGM Online: Pelatihan Akuntansi Pengantar untuk Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan
  • Mewujudkan Kesejahteraan Bekerja melalui Psychological Safety dan Job Crafting
  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak