• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Pelatihan Disiplin Kerja dan Pembudayaan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Bagi Petugas PK3 UGM

Pelatihan Disiplin Kerja dan Pembudayaan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Bagi Petugas PK3 UGM

  • Kegiatan, Pengembangan
  • 20 Oktober 2015, 16.40
  • Oleh : sdmugm

Yogyakarta – Kesehatan dan keselamatan kerja wajib diperhatikan oleh seluruh individu di dalam organisasi terlebih untuk pekerjaan yang memiliki tingkat risiko pekerjaan yang relatif tinggi atau sangat tinggi. Kesehatan dan keselamatan kerja dapat terwujud dari budaya disiplin, aman, dan selamat artinya ketika setiap individu di dalam organisasi menyadari pentingnya membentuk budaya disiplin maka akan tercipta keamanan dan keselamatan.

Petugas Pusat Keamanan dan Ketertiban Kampus Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu pekerjaan dengan tingkat risiko yang relatif tinggi dan dituntut untuk dapat memberikan rasa aman dan selamat bagi seluruh sivitas akademika di lingkungan Universitas Gadjah Mada baik itu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, maupun tamu-tamu dan masyarakat pada umumnya. Menyadari pentingnya pemahaman yang bersifat komprehensif tentang budaya disiplin, aman, dan selamat bagi seluruh Petugas Pusat Keamanan dan Ketertiban Kampus (PK3) Universitas Gadjah Mada, maka PK3 bekerja sama dengan Direktorat Sumber Daya Manusia menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) “Perilaku Budaya Disiplin, Aman, dan Selamat”.

Diklat diselenggarakan dalam dua tahap dengan masing-masing tahap diikuti oleh 105 petugas PK3. Tahap pertama diselenggarakan pada tanggal Selasa, 13 Oktober 2015, sedangkan tahap kedua diselenggarakan pada Kamis, 15 Oktober 2015.

Diklat dibuka oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, Ibu Rektor menyampaikan bahwa PK3 merupakan salah satu garda depan UGM yang selain bertugas menjaga keamanan juga turut berperan dalam membangun citra UGM.

Rektor UGM membukaPelatihan Disiplin Kerja dan Pembudayaan K3
Rektor UGM membuka Pelatihan Disiplin Kerja dan Pembudayaan K3

“Setiap warga UGM maupun tamu yang akan masuk wilayah UGM pasti melewati penjagaan petugas PK3, bagaimana petugas PK3 memberikan pelayanan kepada warga dan tamu akan mempengaruhi citra kampus kita. Jika petugas melayani dengan baik, ramah maka tamu juga akan terkesan, tamu jika masuk UGM saja sudah disambut dengan ekspresi wajah tanpa senyum apalagi pelayanan yang kurang baik tentu itu juga akan mempengaruhi citra UGM. Jadi petugas perlu untuk dilatih. Dan yang perlu pelatihan dalam bersikap bukan hanya petugas atau staf, kami pimpinan pun juga mendapat pelatihan” tutur Ibu Rektor.

Dalam pelatihan ini materi yang diberikan meliputi : Penerapan Penghargaan dan Sanksi, Disiplin dan Etos Kerja, Pembudayaan K3 dan Disiplin Kerja dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Materi diberikan oleh narasumber yang mumpuni di bidangnya diantaranya Gugup Kismono, M.B.A., Ph.D., Dr. Ratminto, M.Pol.Admin., Dr. Noorhadi Rahardjo, M.S., Drs. Sumaryono, M.Si., dan Drs. Haryanto F. Rosyid, M.A.

diklat-pk3-8
Dr. Noorhadi Rahardjo, M.S. menyampaikan materi pelatihan

Pak Deni, Petugas Pusat Keamanan dan Ketertiban Kampus Universitas Gadjah Mada yang biasa bertugas menjaga portal di Fakultas Peternakan mengungkapkan bahwa Diklat ini sangat dirasakan manfaatnya untuk menunjang kinerja.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai penunjang dan penyempurnaan dalam pelaksanaan pekerjaan. Diklat ini dirasakan penting dan perlu, dan melengkapi diklat yang diberikan sebelumnya tentang pelayanan prima. Harapannya kalau bisa selanjutnya terus diberikan paling tidak satu tahun sekali sebagai penyegaran.” ungkap Pak Deni.

Demikian pula yang dirasakan Pak Mardiyono, Petugas Pusat Keamanan dan Ketertiban Kampus Universitas Gadjah Mada yang biasa bertugas menjaga portal di Fakultas Teknik.

“Diklat K3 ini bermanfaat, memacu kerja lebih tinggi dan lebih disiplin lagi. Apalagi kita kan orang lapangan, yang berhadapan langsung dengan warga UGM juga tamu-tamu yang datang. Cukup memotivasi untuk bekerja lebih baik lagi, terutama tentang disiplin kerja. Apalagi sebelumnya juga diberikan diklat pelayanan prima.” jelas Pak Maryono.

“Untuk penyelenggaraannya, materinya menarik dan ada interaksi antara peserta dengan pemateri. Tidak hanya teori saja, tetapi diberikan contoh kasus jika terjadi demikian, langkah yang harus kita lakukan apa. Untuk selanjutnya, baik jika akan diselenggarakan lagi, tetapi waktu pelaksanaannya cukup satu hari seperti ini sehingga dapat tetap bergantian dalam bekerja.” Tambah Pak Maryono menyampaikan harapannya. (Dit. SDM)

Foto kegiatan:

diklat-pk3-15 diklat-pk3-14 diklat-pk3-13 diklat-pk3-12 diklat-pk3-11 diklat-pk3-10 diklat-pk3-9 diklat-pk3-8 diklat-pk3-7 diklat-pk3-6

diklat-pk3-4 diklat-pk3-3 diklat-pk3-2 diklat-pk3-1

Terbaru

  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif
  • MOOC UGM Online: Pelatihan Psychological First Aid untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Kesehatan Mental
  • Materi Webinar Tahun 2025

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak