YOGYAKARTA – Sebagaimana kita sadari bersama betapa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini, maka setiap organisasi dituntut untuk mampu menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan produktivitasnya, sehingga mampu berkompetisi secara global. Pelayanan standar saja belum cukup sebagai modal untuk memuaskan stakeholders, oleh karenanya harus diupayakan bagaimana agar pelayanan dalam setiap proses bisnis yang ada dapat dilakukan secara prima.
Pada tahun 2015 ini Universitas Gadjah Mada (UGM) menekankan kebijakannya pada peningkatan kualitas pelayanan di bidang Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga semua proses bisnis yang terkait langsung dengan layanan akademik, kemahasiswaan dan penelitian menjadi prioritas utama yang harus digarap, dan semua unit kerja harus berkomitmen untuk mendukung tercapainya program tersebut.
Sebagai wujud nyata dalam mendukung kebijakan Universitas, Direktorat SDM berinisiatif untuk menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Micosoft Office dan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan bagi tenaga pengadministrasi akademik dan kemasiswaan di lingkungan UGM. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari kerja pada tanggal 15, 16, 20, dan 21 April 2015 di Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSDI). Kegiatan diawali pengarahan dan pembukaan oleh Direktur SDM, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin.
Pelatihan diikuti oleh 44 tenaga pengadministrasi akademik dan kemasiswaan. Pelatihan juga melibatkan narasumber Direktur Pendidikan dan Pengajaran beserta jajarannya, dengan maksud agar visi dan misi Universitas di bidang Pendidikan dan Pengajaran ini dapat terkomunikasikan dengan baik sampai ke tingkat unit kerja. Disamping itu juga melibatkan Pemateri Tim IT dari DSDI UGM, yang mengajarkan tentang tata cara mengolah dan mengkolaborasikan data menggunakan Microsoft Office dan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas google app untuk berbagai kepentingan pengolahan data. Hal ini dipandang penting karena tugas pelayanan akademik dan kemahasiswaan ini akan selalu terkait dengan keharusan menyajikan data akurat. Dalam pelatihan, juga dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui tingkat serapan materi pelatihan oleh peserta.
Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih selaku Direktur Pendidikan dan Pengajaran menyampaikan materi mengenai Etika profesi dalam pelayanan administrasi akademik yang diarahkan pada pelaksanaan sistem tata kelola layanan akademik yang baik sesuai prinsip Good University Governance. Dalam materi tersebut bu Peni juga menyinggung mengenai tata cara membangun karakter, etika dan profesionalisme dan dilanjutkan dengan diskusi kasus mengenai permasalahan-permasalahan yang sering dijumpai dalam pelayanan akademik. Selain untuk menyampaikan pesan-pesan tentang karakter dan profesionalisme, kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk mensosialisasikan beberapa sistem informasi terkait dengan layanan akademik dan kemahasiswaan antara lain portal mahasiswa dan dosen PALAWA, SIA dan EPSBED yang ditujukan untuk mendukung pelaporan PDPT/PPDIKTI.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pegawai di bidang teknologi informasi, khususnya dalam pengolahan data dan pemanfaatan sistem informasi akademik dan kemahasiswaan yang ada di UGM. Dengan demikian para petugas administrasi akademik dan kemahasiswaan memiliki bekal yang cukup untuk memberikan pelayanan secara optimal, efektif dan efisien. (SDM UGM/Tri Utami)
Rilis terkait:
Galeri foto: