• Tentang UGM
  • HRIS
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Informasi Publik
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Direktorat Sumber Daya Manusia
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang SDM
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Layanan
  • Dokumen
    • Peraturan
    • Dokumen
    • Materi
  • Glosarium
  • Statistik
  • Beranda
  • Berita
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif

Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif

  • Berita, Kegiatan
  • 19 Mei 2025, 12.46
  • Oleh : sdmugm

Salah satu wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan di lingkungan kampus, Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada (DSDM UGM)  menyelenggarakan “Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan UGM” yang dilaksanakan pada tanggal 30 April 2025, melalui platform Zoom Meeting. Pelatihan ini diikuti oleh 149 tenaga kependidikan (tendik) dari berbagai fakultas dan unit kerja di lingkungan UGM. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi tendik dalam memberikan pelayanan yang profesional, responsif, dan berorientasi pada kepuasan pengguna layanan.

Narasumber pertama dalam acara pelatihan ini adalah Dr. Heri Santoso, beliau merupakan staf pengajar dari Fakultas Filsafat UGM. Topik paparan beliau adalah Nilai-nilai ke-UGM-an sebagai Pondasi Pelayanan Prima. Selanjutnya materi kedua oleh Indrayanti, S.Psi., M.Si.,Ph.D., Psi. dengan topik Penerapan Kompetensi Inti Jabatan dalam Pelayanan Prima. Beliau menyampaikan terdapat 5 kunci kesuksesan: memahami standar level kompetensi, belajar terus menerus, kerja kolaborasi bukan mandiri, menemukan mentor, dan dukungan organisasi.

Narasumber terakhir yaitu Ferry Anggara, S.E., M.M., CSES., dengan 3 subtopik pembahasan Membangun Sikap dan Perilaku Pelayanan Prima, Komunikasi Efektif untuk Mewujudkan Pelayanan Prima dengan Memanfaatkan Teknologi dan Professional Grooming. Beliau menyampaikan pelayanan adalah menciptakan nilai bagi orang lain, menciptakan nilai tambah bagi bisnis, sehingga pelanggan tidak hanya untuk mendapatkan pelayanan inti, tetapi juga mendapatkan lebih dari itu. Pelayanan prima memberikan lebih dari yang diharapkan, sehingga menciptakan kepuasan pelanggan, membangun loyalitas, dan meyakinkan orang lain.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, seluruh tendik UGM dapat semakin profesional dan proaktif dalam memberikan pelayanan yang prima, sehingga citra positif universitas semakin meningkat. (DSDM/Adi).

Tags: SDG 4: Pendidikan berkualitas SDG 8: Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi

Terbaru

  • Membangun Kepemimpinan Kolaboratif di Lingkungan Perguruan Tinggi
  • Pelayanan Prima Berbasis Nilai Ke-UGM-an: Profesional, Humanis, Inovatif
  • MOOC UGM Online: Pelatihan Psychological First Aid untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Kesehatan Mental
  • Materi Webinar Tahun 2025

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • CPNS
  • Kegiatan
  • Materi
  • Pengembangan
  • Rekrutment
  • Warta SDM
banner-siap-2018-full
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
dit.sdm@ugm.ac.id
+62 (274) 6491844
+62 (274) 6491911

Sistem Informasi

  • Portal Dosen & Tendik
  • Staff SIMASTER

Layanan

  • Layanan Administrasi Kepegawaian
  • Layanan Pengembangan SDM
  • Sertifikasi Dosen UGM

Peta Situs

  • Peta Situs 1 Juli 2014 – Sekarang
  • Peta Situs 13 April 2012 – 30 Juni 2014
  • Peta Situs 21 Juni 2007 – 12 April 2012

© 2018 DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

Kebijakan PrivasiPeta SitusKontak