
Salah satu wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan di lingkungan kampus, Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada (DSDM UGM) menyelenggarakan “Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan UGM” yang dilaksanakan pada tanggal 30 April 2025, melalui platform Zoom Meeting. Pelatihan ini diikuti oleh 149 tenaga kependidikan (tendik) dari berbagai fakultas dan unit kerja di lingkungan UGM. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi tendik dalam memberikan pelayanan yang profesional, responsif, dan berorientasi pada kepuasan pengguna layanan.
Narasumber pertama dalam acara pelatihan ini adalah Dr. Heri Santoso, beliau merupakan staf pengajar dari Fakultas Filsafat UGM. Topik paparan beliau adalah Nilai-nilai ke-UGM-an sebagai Pondasi Pelayanan Prima. Selanjutnya materi kedua oleh Indrayanti, S.Psi., M.Si.,Ph.D., Psi. dengan topik Penerapan Kompetensi Inti Jabatan dalam Pelayanan Prima. Beliau menyampaikan terdapat 5 kunci kesuksesan: memahami standar level kompetensi, belajar terus menerus, kerja kolaborasi bukan mandiri, menemukan mentor, dan dukungan organisasi.
Narasumber terakhir yaitu Ferry Anggara, S.E., M.M., CSES., dengan 3 subtopik pembahasan Membangun Sikap dan Perilaku Pelayanan Prima, Komunikasi Efektif untuk Mewujudkan Pelayanan Prima dengan Memanfaatkan Teknologi dan Professional Grooming. Beliau menyampaikan pelayanan adalah menciptakan nilai bagi orang lain, menciptakan nilai tambah bagi bisnis, sehingga pelanggan tidak hanya untuk mendapatkan pelayanan inti, tetapi juga mendapatkan lebih dari itu. Pelayanan prima memberikan lebih dari yang diharapkan, sehingga menciptakan kepuasan pelanggan, membangun loyalitas, dan meyakinkan orang lain.
Diharapkan, melalui pelatihan ini, seluruh tendik UGM dapat semakin profesional dan proaktif dalam memberikan pelayanan yang prima, sehingga citra positif universitas semakin meningkat. (DSDM/Adi).