Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) bersama dengan Direktorat Sumber Daya Manusia (DSDM) Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Pelatihan Administrasi Layanan Akademik pada tanggal 30 November sampai dengan 1 Desember 2023 untuk angkatan pertama yang bertempat di Auditorium Lantai 5, Sekolah Pascasarjana UGM. Pelatihan diselenggarakan secara blended learning yaitu secara luring (klasikal) dan daring. Untuk peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para Tenaga Kependidikan (Tendik) dengan tugas Pengadministrasi Sarjana dan Pascasarjana perwakilan dari Fakultas/Sekolah. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Tendik dalam layanan administrasi akademik terhadap dosen, mahasiswa, maupun stakeholder. Para peserta diharapkan juga dapat memahami dengan baik informasi dan proses alur-alur penerimaan mahasiswa baru, registrasi, heregistrasi, sistem informasi akademik, sistem informasi wisuda, sampai dengan monitoring dan evaluasi.
Pada acara pembukaan Dr. Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom selaku Sekretaris DPP dalam sambutannya mengatakan, “Pengelolaan Administrasi Akademik menjadi bagian yang sangat penting, mulai dari proses pendaftaran mahasiswa, kegiatan-kegiatan akademik sampai dengan mahasiswa lulus bahkan menjadi alumni. Kegiatan pelatihan yang dilakukan setiap tahun ini juga bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa proses administrasi bersifat dinamis dan memberikan informasi tentang peraturan yang terbaru, misalnya peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan peraturan terbaru dari Kemendikbudristek yang mengatur masa studi dan beberapa hal teknis lainnya”, papar Dr. Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom.
Selain memberikan sambutan Dr. Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom juga memberikan materi tentang Kebijakan Pengelolaan Administrasi Akademik. Selanjutnya materi disampaikan oleh narasumber narasumber dari pejabat manajerial DPP antara lain Pengelolaan administrasi akademik oleh Nur Biyantoro S.E. M.M., Sistem Informasi dan Data Akademik (Tahapan Setting SIA Simaster) oleh Rochman Diansyah, S.T., dilanjutkan Praktik Sistem Informasi dan Data Akademik. (SIA SIMASTER, PDDikti). Pengelolaan Administrasi Wisuda (SIA SIMASTER) oleh Muhammad Lutfi Ansori, S.E. Narasumber terakhir yaitu Bondan Wijanarko, S.IP., M.Si. dengan materi Monitoring Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran dan Memahami proses Pra KRS. Pada akhir acara penutupan kegiatan Rochman Diansyah, S.T. menyampaikan dengan adanya pelatihan ini diharapkan pengelolaan Layanan Administrasi Akademik menjadi lebih baik lagi. (DSDM/Adi).