Yogyakarta – Setelah Pelatihan Public Speaking dan Teknik Penyusunan Presentasi yang dilaksanakan pada pekan sebelumnya, serial kegiatan pengembangan kapasitas dan kompetensi Dosen, khususnya Dosen baru, kembali digelar. Pada Selasa, 29 November 2016 bertempat di Balai Senat Universitas Gadjah Mada diselenggarakan Pelatihan Manajemen Waktu.
Pelatihan Manajemen Waktu disampaikan oleh narasumber Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. Mengawali paparannya Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. melontarkan pertanyaan untuk peserta.
“Mengapa Anda tidak bisa mengelola waktu? Dan dapatkah Anda membagi waktu untuk menjadi dosen yang baik dan produktif?” ungkap Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. mengawali paparannya.
Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa tanggungjawab sebagai dosen menuntut berbagai kegiatan yang sulit dihindarkan sehingga dosen harus mampu mengatur waktunya agar tetap produktif sebagai dosen.
Melalui kegiatan ini diharapkan dosen dapat mengenal konsep manajemen waktu, konsep antara hal yang penting dan urgent, melakukan diagnosis pada diri sendiri menggunakan matriks manajemen waktu dan memulai kegiatan. Materi yang disampaikan diantaranya adalah Konsep Manajemen Waktu, Antara Urgensi dan Kepentingan, Mengorganisir Waktu dengan Pertolongan Kuadran Waktu, dan Tips Manajemen Waktu.
Mengakhiri paparannya Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. memberikan tugas kepada peserta untuk mengidentifikasikan fungsi hidup peserta, menuliskan tujuan peserta pada tahun ini, menyusun jadwal berbasis tujuan dan menggunakan jadwal yang telah disusun tersebut sebagai petunjuk dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.
Pelatihan Manajemen Waktu ini diikuti langsung dengan implementasi manajemen waktu peserta selama satu bulan. (Dit. SDM/Rima)